Diberdayakan oleh Blogger.
Free R SnapITC Cursors at www.totallyfreecursors.com
RSS

FSH

FSH
Deskripsi : Pemeriksaan folicle stimulating hormone (FSH) merupakan pengukuran kadar FSH, yaitu suatu hormon yang berperab dalam reproduksi. FSH disebut juga gonadotropin, dihasilkan oleh sel-sel gonad yang berada pada kelenjar pituitari di dasar otak dan pengeluaran hormon ini dirangsang oleh gonadotropin releasing hormone (GnRH). FSH pada wanita berfungsi untuk merangsang pematangan folikel, sedangkan pada pria berfungsi untuk merangsang aktivitas di tubulus seminiferus seperti spermatogenesis, merangsang sekresi estrogen pada sel sertoli dan memperkuat efek luteinizing hormone (LH) dalam merangsang sel Leydig.
Manfaat Pemeriksaan : Evaluasi infertilitas dan diagnosis gangguan gonad atau pituitari.
Persyaratan & Jenis Sampel : 0,75 (0,5) mL Serum
Stabilitas Sampel : Suhu kamar : 8 jam, 2-8 °C : 48 jam, 48 jam
Persiapan Pasien : Hubungi petugas laboratorium
Hari Kerja : Senin-Jumat (08.00-16.00 WIB), Sabtu (08.00-13.00 WIB)
Metode : Chemiluminescence
Nilai Rujukan : Laki-laki usia 13-70 th : 1.4-18.1 mIU/mL; Perempuan menstruasi normal : Follicular Phase : 2.5-10.2 mIU/mL , Midcycle Peak : 3.4-33.4 mIU/mL, Luteal Phase : 1.5-9.1 mIU/m; Perempuan Hamil : <0.3 mIU/mL; Postmenopausal : 23.0-116.3 mIU/mL
Tempat Rujukan :
Catatan : Cantumkan tanggal hari pertama haid terakhir (diisi tanggal berapa). Pemindahan pemeriksaan ini khusus untuk pasien DEWASA (>18 th). Untuk anak-anak ( <18 th ) tetap menggunakan alat immulite 2000 dengan nilai rujukan immulite (tidak berubah). Catat waktu pengambilan spesimen. Diambil 3 tabung dengan volume yang sama. Interval waktu pengambilan 15 - 30 menit. Sampel rujukan (dikirim) : sampel diambil dari 3 tabung dengan volume yang sama dan dijadikan dalam satu tabung. Kriteria penolakan sampel : Hemolisis : Mutlak; Lipemik : Tidak Mutlak (ultra sentrifuge); Beku ulang : Mutlak. Pengambilan sampel pada anak-anak cukup 1x kecuali ada permintaan khusus dari dokter (Kesepakatan kerjasama antara UKK Endokrinologi IDAI dengan Prodia).

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar: