Diberdayakan oleh Blogger.
Free R SnapITC Cursors at www.totallyfreecursors.com
RSS

LH

LH
Deskripsi : Pemeriksaan luteinizing hormone (LH) merupakan pengukuran kadar LH, yaitu suatu hormon yang berperan dalam proses reproduksi. LH disebut juga gonadotropin, dihasilkan oleh sel-sel gonad yang berada pada kelenjar pituitari di dasar otak dan pengeluaran hormon ini dirangsang oleh gonadotropin releasing hormone (GnRH). LH pada wanita berfungsi untuk membantu pelepasan sel telur dari folikel, sedangkan pada pria berfungsi untuk merangsang testis dalam mensintesis hormon steroid dan merangsang produksi testosteron pada sel Leydig.
Manfaat Pemeriksaan : 1) Memperkirakan terjadinya ovulasi; 2) Evaluasi infertilitas; dan 3) Diagnosis gangguan gonad atau pituitari.
Persyaratan & Jenis Sampel : 0,75 (0,5) mL Serum
Stabilitas Sampel : Suhu kamar : 8 jam, 2-8 °C : 48 jam, 48 jam
Persiapan Pasien : Hubungi petugas laboratorium
Hari Kerja : Setiap hari (Random dengan WSHP 4 jam)
Metode : Chemiluminescence
Nilai Rujukan : Laki-laki 20-70 th : 1.5-9.3 mIU/mL, Perempuan : Menstruating Normal : Follicular Phase : 1.9-12.5 mIU/mL Midcycle Peak : 8.7 - 76.3 mIU/mL Luteal Phase : 0.5 - 16.9 mIU/mL Perempuan Hamil : < = 1.5 mIU/mLPostmenopausal : 15.9 - 54.0 mIU/mL contraceptives : 0.7 - 5.6 mIU/mL(Untuk nilai rujukan anak-anak sesuai DNR Endokrinologi T/QA)
Tempat Rujukan :
Catatan : Cantumkan tanggal hari pertama haid terakhir (diisi tanggal berapa). Pemindahan pemeriksaan ini khusus untuk pasien DEWASA (>18 th). Untuk anak-anak (<18 th) tetap menggunakan alat immulite 2000 dengan nilai rujukan Immulite (tidak berubah). Catat waktu pengambilan spesimen. Diambil 3 tabung spesimen dengan volume sama, interval waktu pengambilan 15-30 menit. Untuk spesimen Rujukan : sampel diambil dari 3 tabung dengan volume sama dijadikan satu dalam satu tabung. Kriteria penolakan sampel : Hemolisis : Mutlak; Lipemik : Tidak Mutlak (diultra sentrifuge); Beku ulang : Mutlak. Pengambilan sampel pada anak-anak cukup 1x kecuali ada permintaan khusus dari dokter (Kesepakatan kerjasama antara UKK Endokrinologi IDAI dengan Prodia).

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar: